Scoliosis Rehab

Program rehabilitasi skoliosis kami dibagi menjadi umur dan juga pasca operasi

Apa itu Skoliosis?

Skoliosis adalah kelainan yang terjadi pada rangka tubuh yang berupa kelengkungan pada tulang belakang. Sebanyak 75-85% kasus skoliosis merupakan idiopatik, yaitu kelainan yang tidak diketahui apa penyebabnya.

Apa itu Skoliosis?

Skoliosis adalah kelainan yang terjadi pada rangka tubuh yang berupa kelengkungan pada tulang belakang. Sebanyak 75-85% kasus skoliosis merupakan idiopatik, yaitu kelainan yang tidak diketahui apa penyebabnya.

Pasien yang dicurigai dengan skoliosis, di awal akan dilakukan sesi konsultasi dengan dokter dan pemeriksaan fisik dengan menggunakan skoliometer atau yang disebut Adam’s Test. Apabila terdeteksi positif skoliosis, baru akan dilakukan X-ray utk mengetahui derajat dari skoliosis. 

Pemeriksaan Menggunakan X-Ray

Kami akan melakukan pemeriksaan skoliosis dan pembacaan X-Ray untuk:

  • Membaca umur tulang Anda dan perkiraan pertumbuhan Anda / Anak Anda.
  • Menentukan Pola Kurva Scoliosis dan Stage Skoliosis Anda. Ringan: 10°-25°. Medium: 25°-45°. Berat: Lebih dari 50°.
  • Menentukan opsi manajemen skoliosis terbaik untuk Anda.

Kami mengedukasi Anda untuk mengenal kurva skoliosis Anda. Kemudian, melatih pernafasan, otot-otot yang lemah dan mengembalikan putaran dan kelengkungan tulang skoliosis melalui program Schroth Best Practice yang sudah dirancang secara custom / spesifik untuk Anda secara pribadi.

Koreksi Tulang

Kami menggunakan beberapa metode terapi, untuk mengkoreksi posisi tulang belakang, seperti manual therapy, penggunaan custom Foot insole orthosis, Latihan Schroth Best Practice, dan penggunaan brace GBW. Seringkali pasien skoliosis kehilangan biodinamika fisiologi tulang belakang, sehingga terjadi seperti flat back, nyeri, pegal, gampang letih, dan badan yang semakin bungkuk. Dengan koreksi tulang belakang, maka pasien akan mengalami perbaikan yang signifikan dan baik.

Pemakaian Brace GBW

Brace GBW dengan cara pemakaian, goal dan tujuan yang berbeda pada tiap stage/level skoliosis Anda. Lihat selengkapnya disini.

Kids program

Program rehabilitasi postural pada anak usia 3-9 tahun, yang disesuaikan dengan tahapan tumbuh kembang anak. Mulai dari screening postur tubuh, kaki dan kemampuan motorik anak, serta pemantauan berkelanjutan.

Dalam program ini anak akan dilatih postur tubuh dan kekuatan ototnya karena postur dan kekuatan otot yang baik sangat penting sejak masa kanak-kanak agar pertumbuhan berjalan optimal dan kesehatan fisik secara umum terjaga dengan baik. Latihan yang dilakukan terdiri dari play dan penguatan otot.

Teens & Adults Program

Program rehabilitasi skoliosis pada remaja dan dewasa usia 10-49 tahun. Latihan ditujukan untuk mengatasi berbagai keluhan nyeri, menyeimbangkan kekuatan otot, menjaga postur tubuh, melatih fleksibilitas, dan mengurangi keparahan skoliosis.

Latihan terdiri dari peregangan, penguatan otot, dan latihan spesifik Schroth Best Practice maupun Old Schroth.

Senior Program

Program rehabilitasi skoliosis pada pasien usia lanjut di atas 50 tahun. Latihan ditujukan untuk mengatasi berbagai keluhan nyeri, menjaga postur tubuh, dan melatih fleksibilitas agar pasien tetap dapat beraktivitas dengan baik.

Latihan terdiri dari peregangan dan penguatan otot yang aman sesuai usia, dan latihan spesifik Old Schroth, disertai terapi dengan akupuntur.

Post-Surgery Rehabilitation

Program rehabilitasi skoliosis pada pasien post operasi fusi spinal yang ditujukan untuk mengatasi berbagai keluhan nyeri, memperbaiki fleksibilitas tulang belakang dan kekuatan otot. Latihan terdiri dari peregangan dan penguatan otot yang aman sesuai kondisi pasien, disertai terapi dengan akupuntur.